BILANGAN SAMPAI DENGAN 10
a.
Membilang atau
menghitung secara urut
b.
Menyebutkan banyak
benda
c.
Membandingkan dua
kumpulan benda
d.
Membaca dan menulis
lambang bilangan
1)
Membaca lambang
bilangan
|
Lambang bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2) Menulis lambang bilangan
1 ikan diwarnai
Tulis lambang bilangan 1 dibukumu
2 ayam diwarnai
Tulis lambing bilangan 3 dibukumu
e.
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari terkecil atau terbesar
f.
Membilang loncat
sampai dengan 5
Contoh :
Membilang loncat 2 dari lambang bilangan 1
Satu dua tiga empat lima
1 2 3 4 5
g.
Mengurutkan
sekelompok bilangan dari terkecil atau terbesar
2. Menjumlah dan mengurang bilangan sampai dengan 5
a.
Menyatakan masalah
sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Satu pensil ditambah satu pensil sama dengan dua
pensil
1 + 1 = 2
Lima bola dikurangi empat bola sama dengan satu bola
5 – 4 = 1
b.
b. Menerjemahkan
bentuk penjumlahan dan pengurangan
c.
c. Membaca
dan menggunakan symbol +, -, dan =
1.
Penjumlahan
a) Menjumlahkan satu bilangan dengan bilangan yang lain
Satu jeruk ditambah dua jeruk sama dengan tiga jeruk
1 + 2 = 3
b) Mengenal sifat pertukaran pada penjumlahan
Satu jeruk ditambah dua jeruk sama dengan tiga jeruk
1 + 2 = 3
2 + 1 = 3
c) Menentukan pasangan bilangan yang jumlahnya diketahui
terbesar 5
d) Menyelesaikan soal cerita sederhana
Contoh :
Umi mempunyai dua pensil
Ia membeli lagi tiga pensil
Berapa pensil umi sekarang?
2 + 3 = 5
Pensil umi sekarang 5
2.
pengurangan
a) mengurangkan satu bilangan dari bilangan
lain (1 sampai dengan 5)
lima jeruk dikurangi tiga jeruk sama dengan 2 jeruk
5 – 3 = 2
b) mengenal bilangan nol melalui pengurangan
satu ikan dimakan satu ikan sisanya tidak ada
1 – 1 = 0
c) menyelesaikan soal cerita sederhana
contoh :
soni memiliki 3 balon
balon itu meletus 1
berapa balon yang tidak meletus
3
– 1 = 2
Balon soni yang tidak meletus adalah 2 balon
3.
penjumlahan dan
pengurangan
a) menjumlahkan dan mengurangi dengan bilangan nol
contoh :
1 + 0 = 1
1 – 0 = 1
2 + 0 = 2
b) memecahkan masalah sehari-hari dengan penjumlahan dan
pengurangan
contoh :
yuda mempunyai lima balon
balon itu diberikan kepada deni 2
berapa balon yuda sekarang?
5 – 2 = 3
Balon yuda sekarang 3
c) mengingat penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 5
contoh :
2 + 1 = 3
4 – 1 = 3
5 – 3 = 2
3. Menghitung
dan mengurutkan banyak benda sampai dengan 10
a. Membilang atau menghitung secara
urut
Contoh :
b. Menyebutkan banyak benda
c. Membandingkan dua kumpulan benda
d. Membaca dan menulis lambang bilangan
1) Membaca lambang
bilangan
Bacalah dari kanan ke kiri
|
Lambang bilangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Cara membaca
|
Satu
|
Dua
|
Tiga
|
Empat
|
Lima
|
2) Menulis lambang
bilangan
e. Mengurutkan sekelompok bilangan
yang berpola teratur
f. Membilang loncat sampai dengan 10
g. Mengurutkan sekelompok bilangan dari
terkecil ke terbesar
4. Menjumlah
dan mengurang bilangan sampai dengan 10
a. Menyatakan masalah sehari-hari
yang terkait penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
· Lima tomat di tambah
satu tomat sama dengan enam tomat
5
+ 1 = 6
· Enam minggu
dikurangi dua minggu sama dengan empat mangga
6
– 2 = 4
b. Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan
pengurangan dalam kalimat sehari-hari
c. Membaca dan menggunakan symbol +,
- dan =
1. penjumlahan
a) menjumlah dua
bilangan yang sama
contoh :
satu buku ditambah dua buku sama dengan dua buku
1 + 2 = 3 buku
b) menjumlah dua bilangan
yang tidak sama
delapan pisang ditambah 2 pisang sama dengan 10 pisang
8 + 2 = 10 pisang
c) menjumlah dua
bilangan satu angka
contoh :
2 jambu ditambah 5 jambu sama dengan 7 jambu
2 + 5 = 7
d) menentukan pasangan
bilangan yang diketahui jumlahnya terbesar 20
e) menyelesaikan
soal cerita sederhana
contoh :
ayam betina rini 3
ajam jantan rini 1
berapa jumlah ayam rini?
3 + 1 = 4
Jumlah ayam rini 4
2. pengurangan
a) mengurangkan
satu bilangan dari bilangan lain
contoh :
enam sawo dikurangi dua sawo sama dengan empat sawo
6 – 2 = 4
b) mengurangkan
satu bilangan dari bilangan lain dengan cara bersusun
c) menentukan
pasangan bilangan yang selisihnya ditentukan
contoh :
pasangan bilangan yang berselisih 5
5 dan 0
6 dan 1
7 dan 2
8 dan 3
9 dan 4
10 dan 5
d) menyelesaikan soal
cerita sederhana
contoh :
ibu mempunyai 8 telur, 3 telur pecah
Berapa telur ibu sekarang ?
Jawab :
8 – 3 = 5
Telur ibu sekarang adalah 5 telur
d. Mengingat penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
6 + 2 = 8
8 – 2 = 4
10 – 7 = 3
e. Menggunakan sifat operasi hitung
pertukaran dan pengelompokan
1. sifat pertukaran
contoh :
3 + 5 = 8
5 + 3 = 8
Catatan : penjumlahan memiliki sifat pertukaran dan
pengurangan tidak memiliki sifat pertukaran
2. sifat
pengelompokan
contoh :
(3 + 2) + 1 = 6
3 + (2 + 1) = 6
Pengerjaan dalam kurung dilakukan lebih dahulu
f. Memecahkan masalah sehari-hari
dengan penjumlahan dan pengurangan
Contoh :
Ayam rahma 2
Ibunya membelikan lagi 7
Kemudian ayahnya membelikan lagi 3
Berapa jumlah ayam rahma sekarang ?
2
+ 7 + 3 = 11
Ayam rahma sekarang 11
Komentar
Posting Komentar